KULINER

Keahlian Jasa Boga adalah Kompetensi Keahlian yang berada di bawah Program Studi Keahlian Tata Boga, Bidang Studi Keahlian Seni, Kerajinan dan Pariwisata. Kompetensi Keahlian Jasa Boga memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada peserta didik di bidang pengolahan, penyajian dan pelayanan makanan dan minuman. Kompetensi keahlian jasa boga menyiapkan peserta didik untuk bekerja pada bidang pekerjaan yang dikelola oleh badan atau instansi pariwisata, hotel, restoran, catering serta rumah sakit, serta menyiapkan peserta didik untuk menjadi entrepreneur di bidang usaha penyediaan makanan.

 

Keahlian Patiseri (Pastry) merupakan kompetensi keahlian yang mempelajari senin kuliner. Patiseri merupakan salah satu pengetahuan dalam pengolahan dan penyajian makanan, khsusunya mengolah dan menyajikan berbagai jebis kue baik kue tradisonal maupun modern. Dibukanya Kompetensi keahlian ini bertujuan untuk menyediakan tenaga kerja untuk memenuhi permintaan pasar kerja yang menginginkan tenaga kerja terampil dalam meramu makanan.

Tujuan kompetensi keahlian jasa boga adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam hal-hal berikut :

  1. Mengolah dan menyajikan makanan continental  yang terdiri dari makanan pembuka, makanan utama dan makanan penutup.
  2. Mengolah dan menyajikan makanan Indonesia dan oriental yang terdiri dari makanan pembuka, makanan pokok, lauk pauk dan makanan pokok.
  3. Melayani makan dan minum baik di restoran maupun di ruang tamu, serta meja makan dan meja prasmanan.
  4. Mengolah dan menyajikan aneka minuman non alkohol.
  5. Mengorganisasi pelayanan makanan dan minuman di restoran.
  6. Melakukan perencanaan hidangan harian untuk meningkatkan kesehatan.
  7. Melakukan pengolahan makanan untuk kesempatan khusus.
  8. Melakukan pengolahan usaha jasa boga.
Tataboga 1

Praktek Asyik...!

Teknik Memasak: Siswa akan mempelajari berbagai teknik memasak seperti pemilihan bahan makanan, pengolahan bahan makanan, teknik pemotongan, penggunaan peralatan dapur, dan penyajian makanan yang menarik. Mereka juga akan belajar tentang kebersihan dan keamanan pangan dalam proses memasak.

Professional trainer

tataboga5

FB Service

Tata Hidangan dan Penyajian: Siswa akan mempelajari teknik tata hidangan yang menarik, baik untuk hidangan utama maupun hidangan penutup. Mereka akan belajar tentang penyajian makanan yang estetis, pemilihan peralatan makan yang tepat, serta etika dan tata krama dalam melayani tamu.

Professional trainer

Tataboga7

Kolaborasi Asyik...!

Patisserie: Siswa akan diajarkan tentang pembuatan berbagai jenis kue, roti, pastry, dan produk manis lainnya. Mereka akan mempelajari teknik dasar dalam patisserie, seperti pembuatan adonan, penggunaan oven, dekorasi kue, dan penyajian yang menarik.

Professional trainer

Tata Boga 2

Kitchen

Manajemen Dapur: Siswa akan diajarkan tentang manajemen operasional dapur, termasuk perencanaan menu, pengaturan persediaan bahan makanan, perhitungan biaya, dan pengendalian mutu. Mereka akan mempelajari pengorganisasian dapur yang efisien, koordinasi dengan tim kerja, dan aspek-aspek manajemen dalam operasional tata boga.

Professional trainer

tataboga9

Project Unik...!

Pengetahuan tentang Bahan Makanan: Siswa akan mempelajari berbagai jenis bahan makanan, baik bahan makanan nabati maupun hewani. Mereka akan belajar mengenali, memilih, dan menyimpan bahan makanan dengan benar, serta memahami karakteristik dan penggunaan bahan makanan dalam berbagai resep.

Professional trainer

Tataboga6

Program Kunjungan

Selain itu, program Tata Boga di SMK Pariwisata Telkom Bandung juga dapat melibatkan praktik langsung di dapur dan restoran sekolah, kunjungan ke industri makanan dan minuman, serta partisipasi dalam kegiatan kompetisi atau acara kuliner untuk memperluas pengetahuan dan keterampilan siswa

Professional trainer