Berita Terbaru

KIAT-KIAT MENJADI BRAND AMBASADOR PARIWISATA

Podcast SMK Pariwisata  Telkom Bandung  telah menggelar Talking-Talking Santuy dalam Guest Lecture yang menghadirkan Brand Ambasador Traveloka yaitu Kevin Benedict Lesmana pada hari Rabu (1/9/2021) yang siang tadi banyak bertutur,  bagaimana caranya  menjadi seorang Brand Ambasador khususnya di bidang Kepariwisataan. Hal ini sesuai dengan Jurusan-jurusan studi yang ada di SMK Pariwisata  Telkom Bandung yaitu Tata Boga, Perhotelan dan Pengelolaan wisata. Dalam acara yang tersambung melalui zoom meeting selama satu jam tersebut, Kehadiran Kevin Benedict Lesmana mendapat sambutan hangat dengan banyaknya pertanyaan dari Siswa-Siswi SMK Pariwisata  Telkom Bandung melalui kolom Chat dan bertanya langsung.

Kevin Benedict mengatakan bahwa siapapun bisa menjadi Brand Ambasador Pariwisata, apalagi Siswa-Siswi yang lulusan Pariwisata tentu punya peluang yang besar.  “Saya saja bukan lulusan Pariwisata malah lulusan Teknik Mesin, namun memiliki aktifitas di jurusan sosial dengan menjadi traveler atau orang senang piknik, tapi dengan segala kreatifitas serta kemauan untuk maju akhirnya, saya bisa menjadi seorang Brand Ambasador.  Berawal dari rasa suka atau hobi ternyata bisa memenuhi harapan-harapan saya, misalnya bisa berkunjung ke berbagai negara di dunia,” ujar Kevin yang sudah berkeliling ke 68 negara, termasuk Singapura, Jepang, Amerika Serikat, Kanada dan Belanda.

“Awalnya saya sering berwisata ke berbagai tempat , dan nama saya di kampus terkenal sebagai orang yang sering berwisata, sampai akhirnya banyak rekan-rekan mahasiswa jurusan Hubungan Internasional meminta bantuan untuk menangani trip mereka ke luar negeri dan makin banyak yang saya tangani,” kata Kevin saat menuturkan awal kisah yang menjadikan dirinya seperti sekarang ini.  Kevin juga menambahkan bahwa kemampuan berbahasa Inggris harus menjadi prioritas, bergabung dengan berbagai komunitas yang menunjang dan sering mengikuti event-event biar kompetensi supaya kita makin terampil.

“Pengalaman yang paling berkesan adalah saat berada di Kanada, karena orang-orangnya ramah atau welcome kepada setiap wisatawan, sedangkan Jepang masyarakatnya sopan.  Hal ini kedua sifat tersebut ada di orang Indonesia, sehingga bisa menjadi modal untuk kemajuan Pariwisata di Indonesia dan harus mendapat dukungan semua masyarakat Indonesia dengan memajukan dahulu Pariwisata domestik apalagi masa pandemi saat ini,” tegas Kevin yang punya keinginan untuk pergi ke negara Afrika Selatan dan Brazil.

Istilah Brand Ambasador makin mengemuka saat ini, setelah makin banyak perusahaan yang memanfaatkan pemasaran online untuk meraih banyak pelanggan.  Traveloka adalah perusahaan teknologi terkemuka di Asia Tenggara yang menyediakan akses bagi masyarakat untuk menemukan dan memesan berbagai layanan transportasi, akomodasi, aktivitas dan gaya hidup, serta keuangan.

Talking-Talking Santuy tersebut di buka oleh Lida dan Tania.  Siang itu  Tania  mengenakan baju batik warna hijau toska berdasar putih, sedangkan Lida menggunakan cardigan padu padan warna hijau toska dan putih.  Tania dan Lida adalah Guru Bahasa Indonesia yang tergabung di modis Public Speaking SMK Pariwisata  Telkom Bandung, sedangkan acara dipandu oleh  dua host yaitu Claresta dan Ivana, keduanya  Siswi-Siswi SMK Pariwisata  Telkom Bandung yang mengenakan seragam bernuansa krem tua.

Penulis : Bram Herdiana Guru Mapel : Sejarah Indonesia

Post A Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *