Berita Terbaru

UJIAN KOMPETENSI SMK PARIWISATA TELKOM BANDUNG 2022

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan lembaga pendidikan vokasi yang menyiapkan tenaga terampil siap kerja. Lulusan SMK sebelumnya harus mengikuti ujian kompetensi keahlian (UKK) untuk mendapatkan sertifikat kompetensi yang bisa digunakan untuk mencari kerja di dunia usaha atau dunia industri.  

Sertifikat Kompetensi adalah bukti pengakuan tertulis atas capaian kompetensi pada kualifikasi tertentu yang diberikan oleh satuan pendidikan terakreditasi atau lembaga sertifikasi yang berwenang. Seorang lulusan SMK bisa memiliki lebih dari satu sertifikat kompetensi, tergantung pada program keahlian yang diambilnya di SMK, seperti di kutip dari Kemendikbud Ristek.

Ujian kompetensi keahlian (UKK) atau dulu sering disebut Ujikom adalah salah satu tahapan ujian bagi siswa-siswi kelas XII SMK, maka para siswa-siswi SMK Pariwisata Telkom Bandung juga diharuskan mengikuti Ujikom sebagai salah satu syarat kelulusan. Ujikom akan menguji para siswa-siswi tersebut dari tiga program jurusan yang ada yaitu Akomodasi Perhotelan, Tata boga serta Usaha Perjalanan Wisata.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal maka rangkaian kegiatan Ujikom ini, SMK Pariwisata Telkom Bandung telah mengawalinya  dengan try out Ujikom dengan tujuan untuk mengukur berapa besar kesiapan para siswa-siswi dalam menghadapi ujikom yang akan digelar pada pertengahan bulan Mei 2022.

Kepala SMK Pariwisata Telkom Bandung, Kadhafiah Hilmi, S.Pd mengatakan bahwa Ujikom ini pastinya sangat penting bagi pengakuan siswa atas keterampilan, pengetahuan dan attitudenya selama mengenyam pendidikan dan pengalamannya di sekolah.

‘’Targetnya adalah menumbuhkan sikap percaya diri, mandiri dan tanggung jawab siswa atas apa yg sudah dipelajarinya selama di sekolah. Selain itu juga untuk menyiapkan siswa agar mampu  menampilkan keahlian di bidangnya masing-masing,  ehingga dapat diakui di dunia industri’’ tegas Ibu Kepala sekolah yang biasa dipanggil Bu Oka ini.

Dalam ujikom ini para siswa-siswi akan di nilai ketermpilan kompetensinya oleh penguji dari asosiasi-asosiasi yang terkait dengan berbagai jurusan  keahlian yang ada di SMK Pariwisata Telkom Bandung. Untuk jurusan Akomodasi Perhotelan akan diuji keterampilan kompetensinya dalam materi front office, house keeping dan public area.  Kemudian untuk jurusan Tata Boga materi yang diujinya adalah membuat berbagai olahan makanan, minuman dan kue sedangkan jurusan Usaha Perjalanan Wisata akan menguji materi Tour Planning, Tcketing dan Guiding.

Post A Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.